Hadits-hadits Al-Mahdi Palsu

Hadits-Hadits tentang Al-Mahdi Palsu

Oleh: Al-Ustadz Umar Hubeis  (1904-1979)

umarhubeis1Pertanyaan:

“Betulkah Imam Mahdi akan muncul di dunia dan apa perannya?”

Jawab:

Khabar tentang Imam Mahdi yang katanya akan muncul di dunia untuk menegakkan keadilan setelah merajalelanya kezaliman dan sebagainya, bersumber dari hadits-hadits yang tidak shahih.

Hadits-hadits tentang Al-Mahdi ini dihimpun oleh Abdullah Muhammad al-Anshari al-Andalusi. Dalam kitab “Mukaddimah” yang ditulis oleh Ibnu Khaldun yang amat terkenal itu dinyatakan bahwa hadits-hadits tersebut dikarang oleh para politisi dari kelompok Syiah dan kelompok lainnya yang berambisi merebut jabatan khalifah.

Ibnu Khaldun menyebutkan, beberapa tokoh Syiah telah menggunakan atau diberi gelar “Al-Mahdi”, diantaranya adalah Muhammad ibnul Hasan al-Askari, yang katanya menghilang ke dalam gua dan kelak akan muncul kembali untuk menegakkan keadilan di dunia serta membawa kemakmuran.

Al-Ustadz Muhammad Farid Wadjdi dalam kitabnya Daairatu ma’aarifil qarni Raabi’ a’syar H (al-‘Isyrin M), juz X, yang direstui dan diakui oleh Kementerian Pengajaran Mesir dan Majelis Senat Universitas Al-Azhar (Kairo), mengutip seluruh hadits tentang Al-Mahdi yang dikutip oleh Abdul Wahhab asy-Sya’raani dan kitab karangan al-Anshari tersebut, kemudian mengomentari kira-kira sebagai berikut:

“Inilah hadits yang menyangkut al-Mahdi yang dinanti-nanti kedatangannya. Maka para pakar ilmu tidak akan ragu-ragu dan tanpa segan pastilah membebaskan Rasulullah saw. dari keterlibatan mengutarakan hadits-hadits semacam itu, yang penuh dengan pemujaan terhadap seseorang, mengandung kekeliruan sejarah dan isinya amat bertentangan dengan sunnatullah. Dengan demikian timbullah kesan bahwa hadits-hadits itu adalah hadits-hadits maudhu (dusta) yang telah dirancang oleh orang-orang yang sesat, yang cuma punya ambisi guna meraih jabatan Khalifah.”

Oleh karena itu, kita jangan sampai terkecoh oleh cerita-cerita seperti ini. Marilah kita berupaya bersama untuk menegakkan keadilan dan memberantas segala kemaksiatan sebagai kewajiban setiap Muslim.

Jadi jelas bahwa kabar turunnya Al-Mahdi tidak bisa dibenarkan.*

SEBARKAN ARTIKEL INI!

One thought on “Hadits-hadits Al-Mahdi Palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>